Kajian Perencanaan Bisnis Teh Celup PT. Perkebunan XII Bandung, Jawa Barat
Abstract
Tell mer~ipakans alah satu ko~noditpi ertanian yang penting dalanl menghasilkan devisa. Namun dewasa ini pasaran tell internasional sedang me~lgalan~kie lesuan. PT. Perltebunan XI1 sebagai salah satu produsen tell terbesar di Indonesia berusaha mengantisipasi melesunya pasaran tell internasional dan besamya peluang pasar dalam negeri tersebut melalui diversifikasi ke dalam bentuk teh celup. Na~nun usaba yang dilalculcan oleh PT. Perkebunan XI1 tersebut ~nenghadapbi erbagai kendala terutanla dipengaruhi ole11 kuatnya posisi pesaing dalan~ industri teh celup Indonesia. Jika dilihat dari sisi Icualitas, tell celup yang dihasilkan PT. Perkebunan XI1 nlemiliki nlutu yang lebih unggul. Hanya saja keunggulan lnutu yang telah dimiliki PT. Perkebunan XI1 tersebut membutuhkan suatu sistem perencallaan yang matang agar posisi persaingannya dapat ditingkatka~~B. erdasarkan hal-ha1 tersebut diatas perlu dilakukan kajian kembali mengenai Perencanaan Bisnis (bz~sinessp lan) komoditi tell celup yang dihasillcan PT. I'erkebunan XII. Tujuan yang hendak dicapai melalui kajian Perencanaan Bisnis ini adalal~u ntuk mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam penyusunan Perencanaan Bisnis teh celup PT. Perkeb~ulan XII, melakukan penilaian dan menganalisa strategi-strategi Perencauaan Bisnis ltomoditi teh celup PT. Perkebunan XI1 dan merekomendasikan strategi-strategi yang dapat dilakukan oleh PT. Perkebunan XI1 dalanl usaha mening- Icatkai~p angsa pasarnya. Langkah awal yang aka11 dilaksanakan dala~np enelitian ini adalah mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam penyusunan Perencanaail Bisnis tell celup. Metode yang digutlakan untuk ideutifikasi ini dilakukan dengan cara pembobotan terhadap masing-masing elemen melalui penilaian dari pihak pengambil keputusan yang didasarkan pada skala kepentingan perusahaan. Setelah itu berdasarka~i elemeneletnetl yang me~npunyai bobot tertinggi, langkali selanjutnya adalah memformulasiltan strategi-strategi atas penilaian struktur dari masing-masing hirarki. Langkah terakhir adalah n~erekomendasikan hasil penilaian strategi yang dapat dilakukan per~ lsahaan untuk tneningkatkan pangsa pasar teh celupnya. Proses Hirarki Analitik (PHA) digunaltan untuk nlenganalisa elemen-elemen penting di dalain Perencanaan Bisnis. Strategi yang altan dilakukan didasarkan atas elemen-elemen yang mempunyai bobot tertinggi berdasarkan nilai komparasi berpasangan (pair~~isceo m.z~arisonj sebagai input. Peniiaian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh pihak-pihak yang terlibat langsung di dalam Perencanaan Bisnis tell celup.