Kajian Distribusi Minyak Goreng dalam Upaya Efisiensi Jaringan Pemasaran di Kabupaten Bogor
Abstract
Minyak goreng merupakan salah satu komoditi stategis bangsa, tidak hanya sebagai kebutuhan hidup rakyat banyak saja tetapi juga menjadi indikator dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Fluktuasi hdrga minyak goreng !uru! mempengaruhi inflasi dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan un!uk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi minyak goreng, menganalisa biaya-biaya yang terlibat dalam distribusi minyak goreng dan menentukan tingkat eiisiensi pemasaran minyak gareng khususnya di Kabupaten Bogor. Metode penelitian untuk mengetahui faktor-faktor penentu tingkat efisiensj pemasaran minyak goreng yaitu dengan menganalisa struktur pasar, perilaku pasar dan keragaan pasar minyak goreng. Pengamatan lapangan mencakup 7 sampel pasar di Kabupaten Bogor yaitu Pasar Bogor, Cibinong, Citereup, Depok, Cisalak, Ciawi dan Leuwiliang.