Pengkajian Strategi Pengembangan Industri Kecil Bidang Pangan di Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga Kabupaten Dati II Bogor
Abstract
Dari 34,5 juta pengusaha Indonesia sebesar 32,l juta adalah pengusaha kecil. Dari jurnlah pengusaha kecil tersebut sekitar 58,2 % berusaha di sektor industri pertanian yang berbasis pedesaan. Tetapi jurnlah yang besar tersebut ternyata hanya menguasai sekitar 20 % produk nasional, selebihnya produk nasional dikuasai para pengusaha papan atas (konglornerat) (Republika, 21 April 1998). Nasib industri kecil tidak juga berubah. Fenornena baru runtuhnya kerajaan bisnis para pengusaha papan atas telah rnengantarkan rnereka pada 'era burarn'. Dalarn kondisi seperti ini industri kecil rnenjadi sasaran bidikan yang cukup strategis untuk dikernbangkan. Sifat industri kecil yang fleksibel rnembuatnya lebih mampu bertahan dalarn goncangan ekonorni saat ini. Survei yang dilakukan oleh Departernen Koperasi dan Pernbinaan Pengusaha Kecil di 27 propinsi selarna krisis ekonorni, rnernbuktikan 96% industri kecil dan menengah dapat survive.