Persepsi Konsumen terhadap Serbuk Minuman Berbasis Tepung Tempe untuk Kesehatan
View/ Open
Date
2024Author
Laut, Bimaris Tranoya
Astawan, Made
Aries, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Angka kematian yang terus meningkat akibat penyakit kardiovaskular, menyebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup yang lebih sehat. Gaya hidup lebih sehat membuat industri pangan berlomba untuk memproduksi pangan yang menyehatkan. Salah satunya dengan mengolah tempe menjadi serbuk minuman tempe (SMT) untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Penelitian terkait persepsi konsumen terhadap SMT untuk kesehatan belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap SMT. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan karakteristik dan persepsi konsumen. Analisis asosiasi Chi Square dan korelasi Rank Spearman dilakukan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik responden dengan variabel penelitian. Penelitian ini menunjukkan persepsi responden terhadap produk sangat baik, ditandai dengan mayoritas responden yang tertarik untuk mencoba dan bersedia membayar lebih untuk memperoleh produk SMT. Responden juga cenderung menyukai produk pada atribut rasa, aroma, tekstur, dan warna. Sertifikasi produk dinilai sangat penting oleh responden. Karakteristik umur responden memiliki hubungan yang positif dengan ketertarikan untuk mencoba produk SMT (Rs=0,171). Tingkat pendidikan berhubungan positif dengan variabel tempat pembelian produk (Rs=0,171) dan variabel tingkat pengetahuan juga berhubungan positif dengan manfaat dari SMT (Rs=0,208). Rentang pendapatan memiliki hubungan yang nyata terhadap harga per kemasan produk (Rs=0,256).