Mempelajari bauran pemasaran produk es krim skala kecil dan skala besar
View/ Open
Date
1995Author
Djamil, Muhammad Jusuf
Hubeis, Musa Herlina Lien
Metadata
Show full item recordAbstract
Es krim termasuk makanan yang banyak disukai oleh tua dan muda. Bermacam jenis es krim telah dibuat mulai dari bentuk pasta yang dikemas pada wadah hingga ke bentuk batang dalam berbagai bentuk dan cita rasa yang beragam.
Banyaknya masyarakat yang menyukai es krim ini telah membuat sekelompok orang tertarik untuk menanamkan modalnya dalam usaha industri es krim, baik dilakukan oleh perorangan maupun bekerjasama dengan pihak luar negeri. Adanya upaya investasi tentunya akan diikuti oleh tindakan penguasaan pasar. Hal ini tentu menimbulkan persaingan diantara produsen es krim. Untuk menghadapi persaingan tersebut, perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang baik, terutama yang menyangkut unsur-unsur dalam bauran pemasaran.
Bauran pemasaran adalah campuran dari peubah-peubah pemasaran yang dapat dikendalikan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan pada pasar sasaran. Empat faktor peubah dalam bauran pemasaran adalah produk, harga, tempat, dan promosi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran es krim skala kecil (PT Tirta Ratna dan Tim es krim TPG) dan skala besar (PT Unilever unit es krim Wall's dan PT Dairyville) dan menyusun usulan alternatif strategi bauran pemasaran.
Penelitian ini mengkaji aspek teknologi dan aspek manajemen dari unsur bauran pemasaran. Penelitian pada unit produksi Tim es krim TPG dilakukan mulai dari proses produksi hingga pemasarannya, sedangkan unit usaha lainnya dilakukan dengan metoda survai dan tinjauan pustaka. Data yang diperoleh dianalisa dengan metoda SWOT (Strenght, Weakness. Opportunity and Threat) dan selanjutnya disusun usulan alternatif strategi bagi unit usaha es krim skala kecil dan skala besar.
Hasil yang diperoleh dari penerapan bauran pemasaran unit usaha es krim skala kecil adalah jumlah dan jenis produk yang terbatas, menggunakan saluran distribusi nol tingkat dan media promosi yang terbatas serta tidak memiliki sistem baku dalam penelitian dan pengembangan produk. Sedangkan penerapan bauran yang diterapkan unit usaha es krim skala besar adalah jumlah dan jenis produk yang relatif besar dan beragam, menggunakan ragam saluran distribusi dan media promosi, serta mempunyai sistem penelitian dan pengembangan produk yang baku.
Usulan alternatif strategi unit usaha es krim skala kecil adalah memproduksi es krim dalam jumlah besar dengan harga relatif rendah dari pasaran, tetapi masih tetap menguntungkan (strategi harga), meningkatkan pelayanan (strategi terkonsentrasi), mempromosikan es krim dengan nilai overrun rendah sebagai produk yang lebih terasa sambil terus melakukan penelitian untuk mendapatkan formula yang ekonomis (strategi diversifikasi), memberikan keleluasaan untuk meningkatkan jumlah dan mutu yang baik (strategi diversifikasi) dan mengoptimalkan pengetahuan karyawan (strategi terkonsentrasi). Sedangkan usulan alternatif strategi unit usaha es krim skala besar adalah pencantuman tabel nilai gizi dan halal pada kemasan es krim (strategi diferensiasi) dan penayangan promosi secara efektif pada acara-acara yang digemari kaum remaja di media elektronik, cetak dan billboard (strategi terkonsentrasi).