Perencanaan produksi agregat pada PT Gatorade Indonesia
Abstract
Dewasa ini industri minuman semakin berkembang. Perusahaan pembuat minuman semakin banyak jumlahnya sehingga penawaran melebihi permintaan yang ada. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam rangka menarik perhatian konsumen. Agar dapat bertahan dalam pasar, perusahaan harus mampu berproduksi secara efektif dan efisien. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan perencanaan produksi yang tepat.
Perusahaan dalam melakukan produksinya memiliki sasaran-sasaran yang ingin dicapai. Perencanaan produksi agregat pada penelitian ini dilakukan dengan meminimalkan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi dalam mencapai sasaran-sasaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada perencanaan produksi agregat, mengkaji sasaran- sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan dan membuat suatu perencanaan produksi agregat yang efektif dan efisien dengan mempertimbangkan sasaran-sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan
Sasaran-sasaran perusahaan ditentukan dengan meminta pendapat dari para pengambil keputusan di perusahaan. Susunan prioritas sasaran yang akan dicapai perlu dipertimbangkan dengan menghitung bobot dari pengutamaan masing-masing sasaran tersebut. Pengurutan sasaran dilakukan dengan menggunakan Teknik Komparasi Berpasangan