Rancangan Strategi Pemasaran Produk Ginger Leather Candy (GLC) di CV Sari Sehat Bogor
Abstract
Produk Ginger Leather Candy (GLC) merupakan produk baru dari CV Sari Sehat yang bekerjasama dengan departemen Teknik Industri Pertanian IPB UNIVERSITY. CV Sari Sehat merupakan perusahaan yang memproduksi produk herbal. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran produk GLC. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis konjoin, metode importance performance analysis (IPA), analisis tabulasi silang, dan analisis clustering. Hasil dari analisis konjoin adalah rekomendasi perancangan produk dan kemasan GLC. Secara berturut-turut, konsumen lebih mementingkan atribut jumlah, kemasan, rasa, dan bentuk dalam perancangan produk GLC. Konsumen lebih menyukai produk GLC dengan jumlah 6 pcs, dikemas dalam kemasan aluminium foil, rasa jahe asli tanpa perisa, dan bentuk persegi. Rekomendasi ini menjadi masukanuntuk pembuatan produk GLC. Analisis penerimaan konsumen terhadap produk GLC menggunakan metode IPA. Hasil dari metode IPA adalah tingkat kepuasaan konsumen terhadap atribut yang diujikan. Profil responden analisis penerimaan konsumen diolah menggunakan analisis tabulasi silang dan analisis clustering untuk penentuan segemen dan target pasar. Terdapat tiga target pasar produk GLC antara lain, 1) laki-laki dan perempuan usia 17 – 25 tahun yang merupakan pelajar/mahasiswa dengan penghasilan <Rp1.000.000 per bulan, 2) laki-laki dan perempuan usia 26 – 35 tahun yang merupakan karyawan dengan penghasilan >Rp5.000.000 per bulan, 3) Laki-laki dan perempuan usia 46 – 55 tahun yang merupakan karyawan dengan penghasilan >Rp5.000.000 per bulan. Posisi produk GLC adalah permen jahe lunak yang travel friendly, cocok dikonsumsi kapan saja. Tagline produk GLC adalah "Ginger Leather Candy: Freshen Up Your Day, Anywhere You Go!". Strategi bauran pemasaran (4P) produk GLC dibuat untuk mempermudah mitra dalam membidik target pasar. Strategi produk GLC adalah permen jahe lunak berbentuk tipis yang mudah dikonsumsi dimana saja. Strategi harga Rp8.000 per 6 pcs permen. Strategi distribusi produk GLC dapat melalui warung pribadi miliki CV Sari Sehat, kantin-kantin fakultas di IPB, dan e-commerce (Tokopedia, Shopee). Strategi promosi produk GLC dapat melalui mulut ke mulut dan media sosial. Media sosial yang digunakan untuk strategi pemasaran adalah Tik Tok, Instagram, dan Facebook.