Analisis Finansial Pengembangan Produk Minuman Serbuk Kesehatan
Abstract
PT Liza Herbal International merupakan salah satu perusahaan penghasil
produk-produk berbahan herbal yang sedang berencana untuk melakukan
pengembangan produk minuman serbuk untuk kesehatan berbasis meniran
sehingga dalam proses pengembangan produk tersebut diperlukan analisis finansial.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan finansial dan sensitivitas
pengembangan produk minuman serbuk meniran. Metode yang digunakan adalah
metode kuantitatif yang terdiri atas perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP),
harga jual produk, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net
Benefit Cost Ratio (Net B/C), Return on Investment (ROI), payback period, dan
analisis sensitivitas. Hasil perhitungan menghasilkan HPP sebesar Rp 13.233 dan
harga jual sebesar Rp 20.000 untuk satu kemasan produk. Hasil analisis kelayakan
finansial menunjukkan bahwa rencana pengembangan produk tersebut layak untuk
dijalankan dengan nilai NPV Rp 16.294.978.329, net B/C 3,49, IRR 42%, payback
period 3,24 tahun, dan ROI 70,67%. Sedangkan berdasarkan analisis sensitivitas,
pengembangan produk serbuk minuman meniran memiliki tingkat sensitivitas yang
tinggi pada volume penjualan produk. PT Liza Herbal International is one of the companies producing herbal-based
products which is planning to develop meniran-based powder drink products for
health, that’s why the product development process requires financial analysis. The
purpose of this study was to analyze the financial feasibility and sensitivity of
meniran powder drink product development. The method used is a quantitative
method which consists of calculating the Cost of Production (HPP), product selling
prices, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benefit Cost
Ratio (Net B/C), Return on Investment (ROI), payback period, and sensitivity
analysis. The calculation results cost of production of IDR 13,233 and a selling
price of IDR 20,000 for one product package. The results of the financial feasibility
analysis show that the product development plan is feasible with an NPV value of
IDR Rp 16,294,978,329, net B/C of 3.49, IRR of 42%, payback period of 3.24 years,
and ROI of 70.67%. Meanwhile, based on the sensitivity analysis, the development
of meniran drink powder product has a high level of sensitivity to changes in the
number of produts sold.