Analisis Preferensi Dan Penerimaan Konsumen Menggunakan Metode Affective Test Pada Pengembangan Produk Krimer Kental Manis Di PT Mane Indonesia
View/ Open
Date
2023Author
Nugraha, M Arif
Kusumanigrum, Harsi Dewantari
Hunaefi, Dase
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan pada industri pangan sering terjadi dikarenakan preferensi dan
penerimaan konsumen terhadap suatu produk. Persaingan ini mengharuskan
perusahaan pada industri pangan melakukan peningkatan dan perbaikan pada
kualitas produk. Salah satu cara peningkatan dan perbaikan kualitas produk dapat
dilakukan dengan peningkatan atau perbaikan produk yang telah ada
(Improvements or revisions of an existing product). Improvements or revisions of
an existing product dilakukan dengan melakukan peningkatan peforma atau nilai
persepsi dari produk yang lebih besar serta mengganti produk yang telah ada di
pasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi preferensi dan penerimaan
konsumen terhadap produk krimer kental manis yang diuji. Metode Penelitian
yang digunakan pada penelitian ini adalah Affective test menggunakan protokol
Blind Product Test. Pada Penelitian ini, Prototipe Y menunjukkan performa yang
sangat baik pada analisis overall liking dan overall taste, serta pada atribut milk
taste, sweet taste, creamy taste, mouthfeel, dan aftertaste. pengembangan lebih
lanjut pada aspek penampilan produk seperti peningkatan pada atribut aroma,
thickness, dan color dapat dilakukan pada Prototipe Y untuk menghasilkan produk
yang terbaik di pasaran. Analisis key driver pada produk krimer kental manis
menunjukkan bahwa atribut milk taste menjadi faktor utama dalam meningkatkan
kesukaan konsumen terhadap produk.