Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Mutu Beras Berlabel Serta Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Berlabel
Abstract
Beras berlabel adalah beras non curah yang dalam kemasannya mencantumkan informasi mengenai produk pada konsumen. Jenis beras yang paling mudah ditemui di pasaran adalah Pandan Wangi, Setra Ramos, Rojolele, dan Cianjur. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen terhadap atribut mutu beras berlabel yang dianggap penting, serta mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian beras berlabel di wilayah Bogor. Atribut mutu yang dianalisis adalah rasa, kepulenan, aroma, warna, kebersihan, kontaminasi serangga, bahan kemasan, dekorasi kemasan, informasi, harga, merek, ketersediaan, dan sertifikat jaminan keaslian varietas. Sementara itu, perilaku yang dianalisis adalah tempat pembelian, ukuran kemasan, jenis beras, harga beras, dan merek. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kota Bogor. Sampel diambil dari pengunjung pasar swalayan di wilayah kota Bogor sebanyak 100 orang. Penelitian dilaksanakan dari bulan November sampai dengan Desember 2006, dengan metode non probability sampling yaitu quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuisioner oleh lima orang enumerator, termasuk peneliti.