Penilaian Preferensi Pelanggan Terhadap Menu Seafood pada Rumah Lobster Depok
Date
2023Author
Imani, Annisa Surya
Darmawan, Muhammad Arif
Djatna, Taufik
Metadata
Show full item recordAbstract
Preferensi pelanggan merupakan salah satu hal penting dalam pemasaran karena berkaitan erat dengan keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Data transaksi penjualan dapat dianalisis untuk menentukan preferensi konsumen berdasarkan pola pembelian produk yang sering muncul. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah algoritma FP-Growth, yaitu algoritma yang dikembangkan dari algoritma Apriori dan menggunakan konsep FP-Tree. Rumah Lobster Depok merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Depok yang menggunakan seafood sebagai produk yang dijual kepada konsumen. Seafood merupakan bahan baku yang berasal dari laut serta termasuk bahan yang mudah rusak sehingga diperlukan analisis data untuk mengetahui bahan apa yang dibutuhkan. Data yang dianalisis adalah data transaksi penjualan selama satu bulan. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan kombinasi menu yang paling sering dibeli oleh konsumen adalah Fish & Chips, TUNA, CUMI, UDANG, dan LOBSTER dengan LAPERPOOL 1. Berdasarkan hasil analisis juga dapat disimpulkan bahwa menu LAPERPOOL 1 merupakan menu yang menjadi preferensi pelanggan dengan pertimbangan harga serta tingkat kepuasan pelanggan. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada pemilik Rumah Lobster Depok adalah menu LAPERPOOL 1 untuk mempertimbangkan ketersediaan bahan baku menu tersebut dengan menu lainnya. Customer preference is an essential in marketing because it’s complimentary to the success of a company in achieving its goals. Sales transaction data can be analyzed to determine costumer preferences based on product purchasing patterns that often appear. One method that can be used is the FP-Growth algorithm, an algorithm developed from Apriori algorithm and uses FP-Tree concept. Rumah Lobster Depok is one of the MSME in Depok City, which uses seafood as a product sold to consumers. Seafood is a raw material from the sea and is a perishable material, so data analysis is needed to find out what ingredients are needed. The data analyzed is sales transaction data for one month. Based on the analyzed results, it was found that the most frequent purchased menu combinations by consumers were Fish & Chips, TUNA, CUMI, UDANG, and LOBSTER with LAPERPOOL 1. Based on the results it can also be concluded that LAPERPOOL 1 is the preferred menu by customers with consideration of price and level of customer satisfaction. The recommendation that can be given to the Depok Lobster House owner is LAPERPOOL 1 menu to consider the availability of raw materials
for this menu with other menus.