Analisis Pasar Unit Akselerasi Inovasi Departemen TIN IPB
Date
2022Author
Hertanto, Naufal Reinaldi
Suparno, Ono
Permatasari, Niken Ayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Departemen TIN IPB merupakan lembaga yang memiliki kinerja inovasi
yang baik di IPB dengan 37 paten dari tahun 2004-2018, dan publikasi ilmiah dosen
Departemen TIN pada periode 2016-2018 mencapai 570 judul. Hal tersebut yang
melatarbelakangi Departemen TIN IPB untuk memiliki suatu unit yang
memfasilitasi transfer teknologi dan menciptakan ko-kreasi dengan UMK
Agroindustri. Dalam rangka pendirian unit tersebut diperlukan rancangan model
bisnis, proses bisnis dan analisis kelayakan pada Unit Akselerasi Inovasi. Penelitian
bertujuan untuk merancang model bisnis dengan menggunakan Business Model
Canvas (BMC), menggambarkan proses bisnis dengan Business Process Model and
Notation (BPMN), dan menganalisis kelayakan pendirian unit Akselerasi Inovasi
dari aspek pasar dan pemasaran. Aspek pasar dan pemasaran yang dibahas meliputi
potensi pasar, strategi pemasaran yang dianalisis menggunakan metode segmenting,
targeting, positioning (STP), dan bauran pemasaran yang dianalisis dengan 4P
(Product, Price, Place, Promotion). Unit ini menawarkan jasa konsultasi,
pendampingan dan penyelenggaraan pelatihan yang berfokus pada UMK
Agroindustri. Target pasar dari unit ini adalah UMK di Kota dan Kabupaten Bogor
yang berjumlah 623.003 unit. Harga produk, lokasi unit, dan metode promosi
disesuaikan dengan target pasar sehingga produk lebih murah dibandingkan pesaing,
mudah untuk diakses, dan memudahkan target pasar untuk memahami produk yang
ditawarkan. TIN IPB Department is an insititution that has a good innovation performance
in IPB with 37 patents from 2004-2018, and scientific publication of TIN
Department lecturers in 2016-2018 period reached 570 titles. This is the
background for TIN IPB Departmen to have a unit that faciltates technology transfer
and generates co-creations with agroindustrial MSEs. In order to establish that unit,
it is essential to design business model, business process and feasibility analysis on
the innovation Acceleration Unit. The research aims to design business model using
the Business Model Canvas (BMC), describe business processes using the Business
Process Model and Notation (BPMN), and analyze the feasibility of establishing an
Innovation Acceleration Unit from market and marketing aspects. The market and
marketing aspects discussed include market potential, marketing strategies
analyzed using segmenting, targeting, positioning (STP) merhods, and marketing
mix analyzed using 4P (Product, Price, Place, Promotion). This unit provides
consulting, mentoring and training services that focus on Agroindustrial MSEs.
Target market of this unit is MSEs in the City and Regency of Bogor, which total
623.003 units. Product prices, unit locations, and promotional methods adapted to
target market so the product is chepaer than competitors, easy to access, and makes
it easier for the targer market to understand the products offered.