Survei Konsumen Persepsi Bubur Ayam yang Ideal
Date
2022-08Author
Razak, Muhammad Agung
Hermanianto, Joko
Hunaefi, Dase
Metadata
Show full item recordAbstract
Bubur ayam adalah produk olahan pangan yang populer dan sangat diminati masyarakat Indonesia. Faktor yang mempengaruhi kesukaan masyarakat Indonesia terhadap bubur ayam antara lain praktis, memiliki gizi yang cukup lengkap, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan wilayahnya bubur ayam memiliki ragam variasi, ditambah dengan pemerataan suku-suku setiap daerah di Indonesia. Maka perlu adanya produk bubur ayam yang memiliki karakter produk yang kuat, ideal, dan berkualitas. Suatu produk yang ideal mampu memenuhi keinginan konsumen dari segi sensori agar menimbulkan suatu kesan yang mendalam. Metode survei merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik suatu objek. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Maka dari itu, hasil dari penelitian berupa karakteristik produk bubur ayam yang ideal berdasarkan persepsi responden. Penelitian dilakukan dengan tahapan survei online mengenai pola konsumsi bubur dan karakter bubur ayam yang ideal yang disebar melalui media social dengan target responden sebesar 100 responden. Hasil survei menunjukkan seluruh responden pernah mengonsumsi bubur ayam dengan waktu yang ideal pada pagi hari. Karakter produk bubur ayam yang ideal yang diinginkan konsumen adalah jenis bubur ayam yang berkuah, rasa bubur ayam gurih dan asin, konsistensi bubur yang cenderung tidak terlalu kental (padat) juga tidak terlalu berair, tekstur ayam suwir yang lembut, tekstur bubur yang lembut setelah digabungkan semua komponen, serta komponen pelengkap dan tambahan bubur ayam yang ideal yaitu kerupuk dan sate telur puyuh.