Strategi Pengembangan Agroindustri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Ubi Jalar di Kabupaten Bogor
Abstract
Agroindustri UMKM ubi jalar di Kabupaten Bogor kurang berkembang. Hal itu dikarenakan kurangnya sumber daya modal dan tenaga ahli, produk dan cara pemasaran yang masih tradisional, produk UMKM tidak populer di masyarakat luas dan sedikitnya jumlah agroindustri UMKM ubi jalar di Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alternatif produk UMKM ubi jalar yang prospektif di Kabupaten Bogor, merumuskan alternatif strategi pengembangan, dan mengidentifikasi strategi pengembangan yang paling tepat untuk dilaksanakan agroindustri UMKM ubi jalar bersama pemerintah Kabupaten Bogor. Metode untuk mengidentifikasi alternatif produk UMKM ubi jalar yang prospektif adalah AHP. Sedangkan, metode yang digunakan untuk merumuskan dan mengidentifikasi strategi yang paling tepat adalah matriks IFE dan EFE pada tahap masukan, matriks IE dan SWOT pada tahap pencocokan, matriks QSP pada tahap keputusan. Alternatif produk UMKM ubi jalar yang prospektif adalah snack kering. Alternatif strategi pengembangan yang dihasilkan adalah melakukan penelitian dan pengembangan mengenai variasi produk olahan ubi jalar yang memiliki keunggulan, mendapatkan sertifikasi jaminan mutu produk, melakukan perluasan pasar dan promosi menggunakan internet, meningkatkan produktivitas dan kapasitas produksi, melakukan peningkatan manajemen dalam kegiatan usaha, meningkatkan dan mempertahankan kerjasama dengan pelanggan, melakukan evaluasi menyeluruh secara berkala. Strategi pengembangan yang paling tepat adalah melakukan perluasan pasar dan promosi menggunakan internet.