Kepedulian Konsumen Terhadap Label Halal Dalam Melakukan Pembelian Produk Pangan Secara Online Di Jabodetabek
Abstract
Saat ini produk halal sedang menjadi trend konsumsi untuk berbagai
kalangan, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Produk pangan yang dijual
secara online tersebut tidak semuanya pasti produk pangan halal. Permasalahan
tersebut mengakibatkan adanya masyarakat muslim yang terjebak saat ingin
membeli produk pangan tersebut. Adanya label halal dalam kemasan produk akan
memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi produk layak untuk dikonsumsi
atau tidak terutama untuk konsumen Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kepedulian konsumen terhadap label halal dalam melakukan pembelian
produk pangan secara online di Jabodetabek. Metode yang digunakan yaitu metode
survei. Jumlah populasi sebesar 18.928.217 jiwa dan jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 236 orang. Sampel ditentukan dengan metode convenience
sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan
analisis deskriptif untuk mengindentifikasi tingkat pengetahuan konsumen
mengenai sertifikasi dan label halal. Metode analisis crosstab dan chi-square test
digunakan untuk menganalisis variabel bebas yaitu pengetahuan produk halal,
kesadaran halal, norma subjektif yang memengaruhi variabel terikat keputusan
pembelian. Tingkat pengetahuan konsumen mengenai sertfikasi dan label halal
sudah cukup baik. Hasil analisis mengunakan metode crosstab dan chi-square test
menunjukkan bahwa pengetahuan produk halal, norma subjektif dan kesadaran
halal yang didalamnya terdapat poin penting mengenai label halal berpengaruh
positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Currently, halal products are becoming a consumption trend for various
groups, both in Indonesia and outside Indonesia. Not all of the food products sold
online are definitely halal food products. These problems resulted in the existence
of Muslim communities who were trapped when they wanted to buy these food
products. The existence of halal labels in product packaging will make it easier
for consumers to identify products that are suitable for consumption or not
especially for Muslim consumers. This study aims to determine consumer
awareness of halal labels in purchasing food products online in Jabodetabek. The
method used is the survey method. The total population is 18,928,217 people and
the number of samples used is 236 people. The sample was determined by the
convenience sampling method. The data used in this study were analyzed using
descriptive analysis to identify the level of consumer knowledge about halal
certification and labeling. Crosstab and chi-square test analysis methods are used
to analyze independent variables, namely knowledge of halal products, halal
awareness, subjective norms that influence the dependent variable purchasing
decisions. The level of consumer knowledge regarding halal certification and
labeling is quite good. The results of the analysis using the crosstab and chi-square
test methods show that knowledge of halal products, subjective norms and halal
awareness in which there are important points regarding halal labels have a
significant positive effect on consumer purchasing decisions.