Analisis Strategi Pemasaraan Pupuk NPK Non-Subsidi Pada PT Pupuk Kalimantan Timur
Abstract
Pupuk merupakan salah satu faktor produksi pertanian yang sangat penting.
Jenis pupuk majemuk NPK yang dapat memenuhi seluruh hara utama yang
diperlukan tanaman. Pasar Pupuk NPK terus berkembang, namun ditengah pasar
yang berkembang Pemasaran pupuk NPK nonsubsidi PT Pupuk Kalimantan Timur
(Pupuk Kaltim) mengalami trend penurunan. Untuk menigkatkan kinerja
pemasaran pupuk NPK nonsubsidi Pupuk Kaltim perlu strategi pemasaran yang
tepat. Penelitian ini menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal,
memformulasikan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi yang dapat
diterapkan. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis
lingkungan internal dan ekstenal, matriks IE dan SWOT untuk formulasi alternatif
strategi, dan QSPM untuk penentuan prioritas strategi. Hasil matriks IE berada pada
sel II dengan petunjuk strategi Tumbuh dan Bina (Grow and Build). Prioritas
strategi berdasarkan QSPM adalah Kerjasama dalam produksi dengan pihak ketiga
untuk mendekati pasar dengan nilai STAS sebesar 6.6792.
Collections
- UT - Management [3354]