Analisis Kinerja dan Strategi Pengembangan UMKM di Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor
Abstract
UMKM berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Perbaikan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sistem yang efektif dan efisien yang dapat mengurangi biaya serta meningkatkan produktifitas dan kualitas produk. Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru merupakan salah satu sentra UMKM yang terletak pada Desa Tegalwaru Kabupaten Bogor. Analisis faktor internal maupun eksternal yang ada pada UMKM ini perlu dianalisis dan dikembangkan guna mendapatkan strategi pengembangan bisnis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja pada UMKM di Tegalwaru melalui evaluasi faktor faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap UMKM, serta merumuskan alternatif strategi pengembangan yang dapat diterapkan oleh UMKM di Tegalwaru. Sepuluh UMKM terpilih dengan berbagai produk dianalisis menggunakan faktor eksternal dan internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 UMKM berada pada kuadran IV, 1 UMKM berada pada kuadran V dan 1 UMKM berada pada kuadran VI. Berdasarkan posisi pada kuadran maka strategi untuk UMKM tersebut dapat ditentukan.