Analisis Pemasaran Tenun Ulos di Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara
Abstract
Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, memiliki lebih dari 300 kelompok etnis, dan 1.340 etnis. Hal ini menjadi daya tarik pariwisata dan memperkuat kedudukan Indonesia di internasional. Kelompok etnis Batak di Tapanuli Utara terkenal dengan tenunannya yaitu ulos. Industri tenun ulos mendominasi beberapa kecamatan di Tapanuli Utara dan menjadi sumber pendapatan utama bagi kaum perempuan di beberapa desa. Namun, pemasaran tenun ulos tradisional dan online belum menjangkau konsumen yang lebih luas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemasaran tenun ulos sehingga tercipta strategi yang lebih menguntungkan dan menjangkau lebih banyak konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP untuk pemasaran tradisional dan Partial Least Square Modeling Structural Equation Modeling (SEM PLS) untuk pemasaran online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang cocok untuk pemasaran tenun ulos adalah memperluas lini produk sehingga tenun ulos dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan kegunaan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan pemasaran online memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan pemasaran tenun ulos.
Collections
- UT - Management [3354]