Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Edward H.
dc.contributor.authorPanggabean, Friskila
dc.date.accessioned2020-12-24T00:31:52Z
dc.date.available2020-12-24T00:31:52Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104489
dc.description.abstractIndonesia adalah negara yang kaya akan budaya, memiliki lebih dari 300 kelompok etnis, dan 1.340 etnis. Hal ini menjadi daya tarik pariwisata dan memperkuat kedudukan Indonesia di internasional. Kelompok etnis Batak di Tapanuli Utara terkenal dengan tenunannya yaitu ulos. Industri tenun ulos mendominasi beberapa kecamatan di Tapanuli Utara dan menjadi sumber pendapatan utama bagi kaum perempuan di beberapa desa. Namun, pemasaran tenun ulos tradisional dan online belum menjangkau konsumen yang lebih luas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemasaran tenun ulos sehingga tercipta strategi yang lebih menguntungkan dan menjangkau lebih banyak konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP untuk pemasaran tradisional dan Partial Least Square Modeling Structural Equation Modeling (SEM PLS) untuk pemasaran online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang cocok untuk pemasaran tenun ulos adalah memperluas lini produk sehingga tenun ulos dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan kegunaan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan pemasaran online memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan pemasaran tenun ulos.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManagementid
dc.titleAnalisis Pemasaran Tenun Ulos di Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utaraid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordpemasaranid
dc.subject.keywordpemasaran onlineid
dc.subject.keywordpemasaran tradisionalid
dc.subject.keywordtenun ulosid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record