Analisis Atribut Mutu Produk Minuman Kemasan dan Teh Siap Minum Menggunakan Klasifikasi Caswell
Abstract
Pola hidup yang berubah menjadi dinamis dan praktis mendorong meningkatnya produksi minuman dalam kemasan. Teh siap minum adalah salah satu jenis minuman kemasan yang berkembang pesat tiap tahun. Klasifikasi Caswell mengelompokkan atribut mutu menjadi atribut mutu intrinsik dan ekstrinsik. Variasi kemasan pada teh siap minum yaitu kemasan botol, kotak, cup, dan pouch. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut mutu intrinsik dan ekstrinsik yang dominan pada produk minuman kemasan dan teh siap minum berdasarkan Klasifikasi Caswell dan mengetahui peran faktor ekonomi dan sosiodemografi yang menjadi pendorong konsumen dalam penentuan preferensi dalam memilih produk minuman kemasan dan teh siap minum. Data hasil angket dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, analisis crosstab, analisis faktor, uji Kruskal-Wallis, dan uji multiple Dunn. Jenis penelitian ini adalah non probability sampling. Populasi yang menjadi acuan adalah masyarakat Indonesia yang menggunakan internet pada tahun 2018 yaitu sebanyak 171 Juta jiwa. Atribut mutu yang menjadi pertimbangan utama responden dalam memilih produk pangan kemasan adalah sensori, sertifikasi, dan harga. Hasil analisis faktor terbentuk kelompok baru yaitu intrinsik credence, faktor ekstrinsik, dan ketiga yaitu faktor intrinsik search. Teh dengan kemasan botol memiliki nilai mutu yang lebih tinggi daripada jenis teh siap minum dimana dominasi mutu pada atribut gizi, sensori, harga, iklan, nilai, kemasan, merek, dan distribusi. Sementara itu, teh siap minum kemasan kotak memiliki dominasi mutu pada atribut keamanan.