Pengaruh Izin Edar P-IRT dan Sertifikat/Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Perkembangan IKM di Kabupaten Bangka Tengah
View/ Open
Date
2019Author
Saputra, Julanda
Hermanianto, Joko
Saputra, Subekti
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan industri kecil menengah (IKM) secara nyata telah
berkontribusi dalam membangun perekonomian daerah maupun nasional serta
mengurangi angka pengangguran dengan adanya penyediaan lapangan kerja,
sehingga industri kecil menengah dinilai sangat potensial untuk dikembangkan.
Salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan industri kecil menengah
adalah dengan memberikan fasilitas pemerolehan izin edar P-IRT dan sertifikat
halal secara gratis. Namun, jumlah industri kecil menengah yang belum memiliki
izin edar P-IRT dan sertifikat halal masih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengamati pengaruh adanya izin edar P-IRT dan sertifikat halal terhadap keputusan
pembelian konsumen dan peningkatan omset IKM, sehingga diharapkan dapat
meyakinkan pemerintah dalam meningkatkan penguatan program terkait
pengembangan IKM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif
dengan metode survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik purposive sampling. Jumlah responden yang ditentukan
terdiri dari 60 IKM dan 100 orang dengan kriteria tertentu di Kabupaten Bangka
Tengah. Pengumpulan data dan analisis dibantu dengan perangkat lunak Microsoft
Excel 2013 dan SPSS 16.0. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif, analisis
Wilcoxon, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan signifikan pada omset IKM yang telah memiliki sertifikat halal. Selain
itu, variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen
adalah label halal pada kemasan produk.