Strategi Pengembangan Bisnis Kosmetik PT Adev Natural Indonesia
Abstract
PT Adev Natural Indonesia merupakan perusahaan kosmetik yang menawarkan jasa maklon kosmetik dan produk mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran model bisnis berdasarkan business model canvas serta dilakukan pengembangan model bisnis baru terkait masalah yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi serta pengembangan model bisnis menggunakan cara berpikir business model canvas. Berdasarkan hasil penelitian, PT Adev Natural Indonesia mempunyai produk yang belum dipasarkan meskipun mempunyai izin edar dari BPOM, ketergantungan pada promosi daring, dan pelayanan customer service yang kurang responsif. Hasil penelitian yang didapat berupa strategi pengembangan yang direkomendasikan yaitu memberlakukan sistim promosi berbayar pada pengenalan produk maklon dan pelacakan proses berdasarkan ID pemesanan, serta menspesifikasi konsumen yang ada dengan pengembangan produk yang didukung dengan layanan umpan balik konsumen. Perusahaan perlu mengembangkan desain model bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan aliran pendapatan yang diperoleh.