Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99851
Title: Strategi Pengembangan Model Bisnis Pariwisata Devoyage Bogor.
Authors: Siti Jahroh, Siti
Astuti, Devi Puji
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Bisnis pariwisata menjadi sektor industri yang mengalami perkembangan begitu cepat dan pesat. Salah satu bisnis pariwisata di Kota Bogor adalah Devoyage yang mengalami penurunan jumlah pengunjung setelah setahun berdiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) memetakan kanvas model bisnis awal, (2) merumuskan strategi pengembangan, dan (3) melakukan perbaikan kanvas model bisnis baru pada Devoyage Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis kanvas model bisnis dan analisis Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT). Metode pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi langsung dan wawancara mendalam kepada Marketing Komunikasi, Human Resources Department (HRD) dan Kepala Operasional serta 35 pengunjung Devoyage yang dipilih sejak bulan Desember 2018 hingga Maret 2019. Matriks SWOT digunakan untuk menganalisis strategi yang diolah menjadi kanvas model bisnis perbaikan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah kanvas model bisnis awal sudah terpetakan pada 9 elemen, kemudian strategi-strategi yang mendukung pengembangan perusahaan yang berfokus pada strategi SO, WO dan ST. Strategi digunakan untuk perbaikan kanvas model bisnis baru yang difokuskan pada elemen segmen pelanggan, proposisi nilai dan hubungan pelanggan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99851
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19dpa.pdf
  Restricted Access
25.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.