Strategi Pengembangan Model Bisnis Pariwisata Devoyage Bogor.
Abstract
Bisnis pariwisata menjadi sektor industri yang mengalami perkembangan begitu cepat dan pesat. Salah satu bisnis pariwisata di Kota Bogor adalah Devoyage yang mengalami penurunan jumlah pengunjung setelah setahun berdiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) memetakan kanvas model bisnis awal, (2) merumuskan strategi pengembangan, dan (3) melakukan perbaikan kanvas model bisnis baru pada Devoyage Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis kanvas model bisnis dan analisis Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT). Metode pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi langsung dan wawancara mendalam kepada Marketing Komunikasi, Human Resources Department (HRD) dan Kepala Operasional serta 35 pengunjung Devoyage yang dipilih sejak bulan Desember 2018 hingga Maret 2019. Matriks SWOT digunakan untuk menganalisis strategi yang diolah menjadi kanvas model bisnis perbaikan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah kanvas model bisnis awal sudah terpetakan pada 9 elemen, kemudian strategi-strategi yang mendukung pengembangan perusahaan yang berfokus pada strategi SO, WO dan ST. Strategi digunakan untuk perbaikan kanvas model bisnis baru yang difokuskan pada elemen segmen pelanggan, proposisi nilai dan hubungan pelanggan.
Collections
- UT - Business [456]