Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99834| Title: | Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Perilaku Makan, Gaya Hidup Sedentari, dan Prestasi Belajar Siswa SMAN 84 Jakarta Barat |
| Authors: | Dwiriani, Cesilia Meti Mauludyani, Anna Vipta Resti Herdianti, Nanda Tri |
| Issue Date: | 2019 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan penggunaan media sosial dengan perilaku makan, gaya hidup sedentari, dan prestasi belajar siswa SMAN 84 Jakarta Barat. Desain penelitian ini adalah cross sectional study melibatkan 53 subjek laki-laki dan 52 subjek perempuan kelas XI MIPA usia 15-18 tahun. Perilaku makan diukur menggunakan Food Frequency Questionnaire, asupan makanan dengan Recall 2 x 24 jam, dan gaya hidup sedentari menggunakan modifikasi Physical Activity Questionnaire for Adolescent. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media sosial pada hari libur lebih lama daripada hari sekolah (p=0.001). Subjek perempuan lebih tinggi daripada subjek laki-laki dalam hal sisa uang saku selain transportasi dan makan, tingkat kecukupan energi, tingkat aktivitas fisik, nilai bahasa Inggris, dan rata-rata nilai mata pelajaran (p<0.05). Uji korelasi Spearman menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara uang saku dengan perilaku makan fast food (p=0.005; r=0.270), namun tidak terdapat hubungan signifikan antara frekuensi akses informasi mengenai makanan dari media sosial dengan perilaku makan, durasi penggunaan media sosial dengan gaya hidup sedentari, perilaku makan dan gaya hidup sedentari dengan prestasi belajar dan status gizi, serta status gizi dengan prestasi belajar (p>0.05). |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99834 |
| Appears in Collections: | UT - Nutrition Science |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| I19nth.pdf Restricted Access | 22.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.