Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Perilaku Makan, Gaya Hidup Sedentari, dan Prestasi Belajar Siswa SMAN 84 Jakarta Barat
View/ Open
Date
2019Author
Herdianti, Nanda Tri
Dwiriani, Cesilia Meti
Mauludyani, Anna Vipta Resti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan penggunaan media sosial dengan perilaku makan, gaya hidup sedentari, dan prestasi belajar siswa SMAN 84 Jakarta Barat. Desain penelitian ini adalah cross sectional study melibatkan 53 subjek laki-laki dan 52 subjek perempuan kelas XI MIPA usia 15-18 tahun. Perilaku makan diukur menggunakan Food Frequency Questionnaire, asupan makanan dengan Recall 2 x 24 jam, dan gaya hidup sedentari menggunakan modifikasi Physical Activity Questionnaire for Adolescent. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media sosial pada hari libur lebih lama daripada hari sekolah (p=0.001). Subjek perempuan lebih tinggi daripada subjek laki-laki dalam hal sisa uang saku selain transportasi dan makan, tingkat kecukupan energi, tingkat aktivitas fisik, nilai bahasa Inggris, dan rata-rata nilai mata pelajaran (p<0.05). Uji korelasi Spearman menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara uang saku dengan perilaku makan fast food (p=0.005; r=0.270), namun tidak terdapat hubungan signifikan antara frekuensi akses informasi mengenai makanan dari media sosial dengan perilaku makan, durasi penggunaan media sosial dengan gaya hidup sedentari, perilaku makan dan gaya hidup sedentari dengan prestasi belajar dan status gizi, serta status gizi dengan prestasi belajar (p>0.05).
Collections
- UT - Nutrition Science [2864]