Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99795
Title: Studi Komparasi Konsep Diri, Nilai, Kecerdasan Emosi dan Perilaku Komplain Antargenerasi
Authors: Simanjuntak, Megawati
Hanifa, Alya Rahmi
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Perilaku komplain adalah salah satu bentuk komunikasi bagi konsumen untuk mengekspresikan ketidakpuasan yang dirasakan. Namun, masih banyak konsumen yang enggan melakukan komplain dan memilih untuk diam saja tanpa menyampaikan keluhan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan membandingkan dan menganalisis pengaruh konsep diri, nilai, dan kecerdasan emosi terhadap perilaku komplain pada generasi baby boomer, generasi X dan generasi Y. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional study yang menerapkan wawancara langsung menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan di tiga perumahan yang ada di Kota Pekanbaru. Sebanyak 90 responden dipilih menggunakan teknik quota sampling dengan masing-masing 30 responden setiap generasi dengan syarat ibu rumah tangga yang pernah melakukan komplain dalam satu tahun terakhir. Hasil penelitian ini menemukan perbedaan yang signifikan pada variabel konsep diri, dimensi actual self concept, dan perilaku komplain antara generasi baby boomer, generasi X dan generasi Y. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku komplain pada generasi X dan seluruh generasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99795
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I19arh.pdf
  Restricted Access
24.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.