Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99745
Title: Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Kentang (Studi Kasus Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo).
Authors: Munandar, Jono M
Ulhaq, Reyna Nadhya
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Pada 2018, Kementerian Pertanian mengubah Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH). Perubahan tersebut menyebabkan pintu perdagangan internasional hortikultura Indonesia semakin terbuka dan berpotensi banjir impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran dan merancang strategi pemasaran kentang Kecamatan Kejajar agar Kentang Kejajar memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dalam menghadapi potensi banjir impor. Metode pengambilan data yaitu dengan metode wawancara. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis efisiensi pemasaran dan Analytical Networking Process (ANP). Data diolah dengan menggunakan software Super Decission dan Ms.Exel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran setara di Kecamatan Kejajar Saluran 1 meliputi petani – konsumen, Saluran 2 meliputi petani – pengepul kecamatan – pengecer – konsumen, Saluran 3 meliputi petani – pengepul kecamatan - pengepul kabupatenpedagang besar- pengecer dan Saluran 4 meliputi petani – pedagang besar – pengecer – konsumen. Apabila dilihat dari indikator margin pemasaran, saluran pemasaran dengan efisiensi tertinggi yaitu saluran 4 dengan marjin terendah sebesar 54% dan nilai farmer’s share yang relatif besar senilai 45%. Sedangkan strategi yang menjadi prioritas untuk pemasaran kentang Kecamatan Kejajar yaitu strategi penjualan yang stabil sepanjang musim. Bauran pemasaran yang menjadi prioritas tertinggi yaitu bauran promotion tepatnya pada strategi hubungan masyarakat yaitu sebesar 32%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99745
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19rnu.pdf
  Restricted Access
15.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.