Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98856
Title: Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Fasilitas Kebutuhan Melaut di Pelabuhan Perikanan Pantai Ciparage Karawang
Authors: Lubis, Ernani
Solihin, Iin
Bestari, Dwinta
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Langkanya ketersediaan barang kebutuhan pokok untuk melaut seperti Bahan Bakar Minyak (BBM), air bersih, dan es menjadi permasalahan yang kerap ditemukan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Ciparage. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan kondisi aktual serta menilai tingkat kepuasan nelayan terhadap fasilitas kebutuhan melaut di PPP Ciparage. Data yang dikumpulkan terhadap kepuasan nelayan mencakup 3 dimensi keandalan yang memuat 23 atribut pertanyaan. Metode yang digunakan meliputi analisis deskriptif kualitatif, uji validitas dan reliabilitas, analisis Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analisis (IPA), dan analisis kesenjangan (GAP). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa terdapat 17 pertanyaan valid untuk elemen es, 21 pertanyaan valid untuk elemen BBM, dan 21 pertanyaan valid untuk elemen air. Berdasarkan hasil analisis Customer Satisfaction Indeks (CSI) didapatkan nilai 74% dan 79% untuk elemen es dan BBM yang berarti nelayan puas, nilai CSI air sebesar 85% yang berarti nelayan sangat puas. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kualitas kinerja PPP Ciparage belum memenuhi kebutuhan dan keinginan nelayan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98856
Appears in Collections:UT - Fisheries Resource Utilization

Files in This Item:
File SizeFormat 
C19dbe.pdf
  Restricted Access
27.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.