Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Fasilitas Kebutuhan Melaut di Pelabuhan Perikanan Pantai Ciparage Karawang
Abstract
Langkanya ketersediaan barang kebutuhan pokok untuk melaut seperti Bahan
Bakar Minyak (BBM), air bersih, dan es menjadi permasalahan yang kerap
ditemukan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Ciparage. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan jenis dan kondisi aktual serta menilai tingkat kepuasan
nelayan terhadap fasilitas kebutuhan melaut di PPP Ciparage. Data yang
dikumpulkan terhadap kepuasan nelayan mencakup 3 dimensi keandalan yang
memuat 23 atribut pertanyaan. Metode yang digunakan meliputi analisis deskriptif
kualitatif, uji validitas dan reliabilitas, analisis Customer Satisfaction Index (CSI),
Importance Performance Analisis (IPA), dan analisis kesenjangan (GAP). Hasil
uji validitas menunjukkan bahwa terdapat 17 pertanyaan valid untuk elemen es,
21 pertanyaan valid untuk elemen BBM, dan 21 pertanyaan valid untuk elemen
air. Berdasarkan hasil analisis Customer Satisfaction Indeks (CSI) didapatkan nilai
74% dan 79% untuk elemen es dan BBM yang berarti nelayan puas, nilai CSI air
sebesar 85% yang berarti nelayan sangat puas. Berdasarkan hasil penelitian,
diketahui bahwa kualitas kinerja PPP Ciparage belum memenuhi kebutuhan dan
keinginan nelayan.