Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98554
Title: Penerapan Random Forest Ordinal dalam Menentukan Mutu Penciri Akreditasi SMA Berdasarkan Indikator Pemetaan Mutu Pendidikan.
Authors: Susetyo, Budi
Rahardiantoro, Septian
Wibowo, Satriyo
Agustine, Priscilla Yulia
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) dan akreditasi merupakan kegiatan pengukuran capaian mutu sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Akreditasi yang ditetapkan oleh BAN-S/M dapat diduga dengan subindikator mutu dari kegiatan PMP yang dilaksanakan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan menentukan peubah penciri terbaik menggunakan metode random forest dengan subindikator mutu dari kegiatan PMP sebagai peubah penjelas dan hasil akreditasi sebagai peubah respon. Model terbaik didapat ketika ��������� =18 dan ��������� = 500. Berdasarkan model terbaik, terdapat empat subindikator mutu yang memiliki tingkat kepentingan terbaik terhadap akreditasi di antaranya kondisi kelas sesuai standar; kompetensi lulusan dengan pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif; kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan memadai; serta tersedianya tenaga pustakawan. Tersedianya keempat subindikator tersebut, diduga akan mendapatkan peringkat akreditasi lebih baik dibandingkan sekolah yang tidak memiliki subindikator tersebut.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98554
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G19pya.pdf
  Restricted Access
11.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.