Penerapan Random Forest Ordinal dalam Menentukan Mutu Penciri Akreditasi SMA Berdasarkan Indikator Pemetaan Mutu Pendidikan.
View/ Open
Date
2019Author
Agustine, Priscilla Yulia
Susetyo, Budi
Rahardiantoro, Septian
Wibowo, Satriyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) dan akreditasi merupakan kegiatan
pengukuran capaian mutu sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Akreditasi yang ditetapkan oleh BAN-S/M dapat diduga dengan subindikator mutu
dari kegiatan PMP yang dilaksanakan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan
menentukan peubah penciri terbaik menggunakan metode random forest dengan
subindikator mutu dari kegiatan PMP sebagai peubah penjelas dan hasil akreditasi
sebagai peubah respon. Model terbaik didapat ketika ��������� =18 dan ��������� = 500.
Berdasarkan model terbaik, terdapat empat subindikator mutu yang memiliki
tingkat kepentingan terbaik terhadap akreditasi di antaranya kondisi kelas sesuai
standar; kompetensi lulusan dengan pengetahuan faktual, prosedural, konseptual,
metakognitif; kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan memadai; serta
tersedianya tenaga pustakawan. Tersedianya keempat subindikator tersebut, diduga
akan mendapatkan peringkat akreditasi lebih baik dibandingkan sekolah yang tidak
memiliki subindikator tersebut.