Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98023
Title: Peran Green Marketing dalam Menstimulasi Green Brand Equity Starbucks Indonesia (Bogor).
Authors: Munandar, Jono
Syamsun, Muhammad
Ali, Rifqi
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pesatnya perkembangan industri yang terjadi saat ini disatu sisi memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia, namun di sisi lain berdampak negatif terhadap lingkungan. Perusahaan menerapkan strategi green marketing agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif di tengah isu kerusakan lingkungan. Merespon meningkatnya kepedulian masyarakat pada lingkungan tersebut, semakin banyak perusahaan yang berusaha dan berpikir cukup keras agar dapat memanfaatkan peluang isu lingkungan untuk kegiatan bisnis mereka (Chen dan Chang, 2012). Pemasar mulai menjual barang atau jasa yang aman bagi konsumen dan ramah terhadap lingkungan. Pemasar produk hijau yang sukses berpandangan, jika konsumen saat ini tidak hanya perduli terhadap barang-barang material semata akan tetapi juga efeknya terhadap lingkugan (Singh dan Pandey, 2012). Perusahaan menerapkan strategi green marketing agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif ditengah isu kerusakan lingkungan. Green marketing menjadi strategi proaktif perusahaan untuk melayani keinginan pasar dengan memproduksi produk ramah lingkungan yang tidak menimbulkan kerugian terhadap lingkungan dan kesehatan konsumen. Lokasi studi pada penelitian ini adalah pada perusahaan food and beverages yaitu starbucks indonesia. Total sampel yang digunakan pada penelitian ini 280 responden dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan structural equation modelling (SEM) dengan alat bantu pengolahan lisrel. Hasil analisis dari penelitian ini adalah green perceived quality berpengaruh terhadap green satisfaction dan green trust, green perceived value berpengaruh terhadap green satisfaction dan tidak berpengaruh terhadap green trust, green perceived risk tidak berpengaruh terhadap green satisfaction namun signifkan dan berpengaruh negatif terhadap green trust, green satisfaction berpengaruh terhadap green trust dan green brand equity lalu green trust tidak berpengaruh terhadap gren brand equity.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98023
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2019ral.pdf
  Restricted Access
21.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.