Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97993
Title: Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen untuk Membeli Produk melalui E-commerce
Authors: Najib, Mukhamad
Munandar, Jono M
Ariansyah
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: E-commerce telah menjadi tren saat ini dalam menjalankan suatu bisnis karena penggunaannya mudah, cepat, dan fleksible sehingga banyak konsumen melakukan transaksi online untuk menjalankan bisnisnya atau memesan barang yang diinginkan. Dengan alasan ini konsumen beralih dari perdagangan tradisional ke e-commerce karena perdagangan tradisional dianggap memiliki kelemahan seperti jaraknya jauh, waktu yang dicapai sangat lama, dan barang yang diinginkan terkadang sulit didapat.Oleh karena itu, masalah ini merupakan sebagai faktor-faktor yang memengaruhi konsumen beralih ke e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik atau demografi konsumen. Dengan cara mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat konsumen untuk membeli produk melalui e-commerce dan perbedaan persepsi konsumen antara retail moderndan e-commerce Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada convenience sampling atau dikenal sebagai sampel aksidental. Convenience sampling ini terdiri dari jenis nonprobabilitas atau non random sampling dimana anggota populasi sasaran memenuhi kriteria tertentu, seperti aksesibilitas yang mudah,kedekatan geografis, ketersediaan pada waktu tertentu, atau kesediaan untuk berpartisipasi termasuk untuk tujuan penelitian (Dörnyei, 2007). Pengambilan sampel dilakukan di wilayah Jabotabek dalam rentang bulan Juli sampai September 2017 dengan jumlah 121 responden pengguna e-commerce. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku tidak memengaruhi yang signifikan terhadap niat membeli produk melalui e-commerce. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumen lebih memilih berbelanja di Mall dibandingkan dengan berbelanja online. Hal ini, karenakonsumen dapat melihat langsung barang yang diinginkan dan menikmati suasana nyaman sambil berekreasi. Disamping itu, juga terlihat bahwa sikap terhadap perilaku konsumen sangat memengaruhi terutama niat konsumen untuk membeli produk melalui online.Atas dasar analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat konsumen untuk membeli produk dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih cenderung memilih berbelanja barang yang diinginkan di mall dibandingkan melalui e-commerce.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97993
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2019ari.pdf
  Restricted Access
1.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.