Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97508
Title: Evaluasi Produk Multivitamin Baru Berdasarkan Penilaian Responden.
Authors: Syafitri, Utami Dyah
Suhaeni, Cici
Islami, Noer Endah
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Perusahaan harus memiliki sebuah produk inovasi agar dapat memimpin di pasaran. Sebelum produk inovasi diluncurkan ke pasaran, perusahaan harus melakukan riset pemasaran. Tujuan dari riset ini adalah untuk menentukan apakah produk baru dapat diterima atau tidak di pasaran. Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil survei dengan responden diminta untuk memberikan penilaian terhadap sepuluh atribut pada ketiga jenis produk multivitamin baru dalam skala ordinal. Sepuluh atribut ini ditransformasi ke skala interval menggunakan Metode Suksesif Interval (MSI) kemudian digunakan sebagai peubah respon sedangkan ketiga jenis produk multivitamin baru yang berskala nominal digunakan sebagai kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik produk baru berdasarkan sudut pandang organoleptik dan performa tiga jenis produk multivitamin baru berdasarkan tempat tinggal dan kelas sosial ekonomi (SEC) oleh responden sehingga MANOVA dan analisis biplot digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa antar ketiga jenis produk multivitamin baru memiliki perbedaan signifikan dengan taraf nyata 5% dari segi atribut organoleptik. Antar ketiga jenis produk multivitamin baru tersebut memiliki perbedaan pada penilaian aroma, rasa asam, dan rasa asam yang tersisa oleh responden. Selain itu dengan analisis biplot diperoleh kesimpulan bahwa setiap produk memiliki lokasi untuk dijual dan target responden yang berbeda berdasarkan kelas sosial ekonomi. Produk A dipersepsikan oleh responden sebagai produk dengan rasa yang terlalu manis serta yang tersisa di dalam mulut lebih asam dibandingkan produk lainnya dan produk ini lebih disukai oleh responden yang bertempat tinggal di Jakarta Selatan dengan SEC A2 dan C1. Produk B dipersepsikan sebagai produk yang terlalu keras dengan memiliki sedikit rasa pahit yang tersisa di dalam mulut dan produk ini lebih disukai oleh responden diberbagai tempat tinggal dengan SEC B. Produk C diposisikan sebagai produk yang memiliki aroma yang kuat dengan kehalusan tekstur relatif tinggi serta rasa yang lebih pahit dari produk lainnya dan disukai oleh responden yang bertempat tinggal di Jakarta Utara dan Depok dengan SEC A1. Secara keseluruhan responden lebih menyukai produk B dibandingkan kedua produk lainnya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97508
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G19nei.pdf
  Restricted Access
11.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.