Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96798
Title: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Departemen Statistika IPB.
Authors: Aidi, Muhammad Nur
Rahman, La Ode Abdul
Sari, Zunita
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan sumber daya manusia. Tingkat pendidikan dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu pendidikan tingkat dasar, menengah, dan tinggi. Pendidikan tinggi dapat diperoleh melalui Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi merupakan tempat pendidikan formal yang berperan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan atau pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat serta menyiapkan mahasiswa untuk berpikir secara ilmiah sehingga dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan berprestasi. Prestasi mahasiswa di perguruan tinggi dipengaruhi oleh berbagai faktor yang tidak dapat diukur secara langsung maupun tidak langsung. Metode yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa adalah metode pemodelan persamaan struktural (PPS), dengan metode partial least square (PLS). PPS dengan metode PLS digunakan ketika terdapat beberapa asumsi dalam PPS berbasis peragam yang tidak terpenuhi, seperti menyebar normal ganda dan jumlah contoh yang besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keenam peubah laten eksogen (latar belakang keluarga, motivasi, lingkungan, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peubah endogen (prestasi mahasiswa). Model yang diuji dalam penelitian ini memiliki nilai evaluasi R2 sebesar 14.1%. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa model yang dibangun masih bersifat lemah dalam menjelaskan keragaman prestasi mahasiswa.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96798
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G18zsa.pdf
  Restricted Access
13.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.