Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Departemen Statistika IPB.
View/ Open
Date
2018Author
Sari, Zunita
Aidi, Muhammad Nur
Rahman, La Ode Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan sumber daya manusia.
Tingkat pendidikan dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu pendidikan tingkat dasar,
menengah, dan tinggi. Pendidikan tinggi dapat diperoleh melalui Perguruan
Tinggi. Perguruan Tinggi merupakan tempat pendidikan formal yang berperan
untuk melaksanakan kegiatan pendidikan atau pengajaran, penelitian, pengabdian
masyarakat serta menyiapkan mahasiswa untuk berpikir secara ilmiah sehingga
dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan berprestasi. Prestasi
mahasiswa di perguruan tinggi dipengaruhi oleh berbagai faktor yang tidak dapat
diukur secara langsung maupun tidak langsung. Metode yang digunakan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa adalah metode
pemodelan persamaan struktural (PPS), dengan metode partial least square (PLS).
PPS dengan metode PLS digunakan ketika terdapat beberapa asumsi dalam
PPS berbasis peragam yang tidak terpenuhi, seperti menyebar normal ganda dan
jumlah contoh yang besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
keenam peubah laten eksogen (latar belakang keluarga, motivasi, lingkungan,
gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik) tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peubah endogen (prestasi
mahasiswa). Model yang diuji dalam penelitian ini memiliki nilai evaluasi R2
sebesar 14.1%. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa model yang dibangun
masih bersifat lemah dalam menjelaskan keragaman prestasi mahasiswa.