Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96333
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHadianto, Adi-
dc.contributor.advisorAmanda, Dea-
dc.contributor.authorMulyani, Nur-
dc.date.accessioned2019-01-23T02:20:06Z-
dc.date.available2019-01-23T02:20:06Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96333-
dc.description.abstractKomoditas talas merupakan salah satu sub tanaman sektor tanaman pangan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Daerah penghasil talas terbesar di Kabupaten Bogor adalah Kecamatan Tamansari. Desa Sukajadi adalah salah satu desa di Kecamatan Tamansari dengan produksi tertinggi, namun hal tersebut tidak diiringi dengan pemasaran yang baik sehingga harga dan pendapatan petani yang rendah. Berdasarkan kondisi tersebut perlu dianalisis kelayakan usahatani dan sistem pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pendapatan usahatani, mengidentifikasi lembaga, saluran, fungsi pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran talas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan usahatani, analisis marjin pemasaran, farmer`s share dan B/C ratio. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani atas biaya tunai sebesar Rp 16.13 juta/ha dan pendapatan petani atas biaya total sebesar Rp 9.07 juta/ha dengan R/C atas biaya tunai dan R/C atas biaya total masing-masing sebesar 2.12 dan 1.42. Nilai tersebut menunjukkan bahwa usahatani talas di Desa Sukajadi menguntungkan bagi petani. Terdapat tiga saluran pemasaran talas yang terdiri dari petani,pedagang pengepul desa, pedagang besar, pedagang pasar dan eceran. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran, fisik dan fasilitas. Efisiensi pemasaran dapat dilihat dari dua sisi, yaitu petani dan pedagang. Pada sisi petani, saluran 3 (petani-pedagang pengepul desa-pedagang eceran) merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai marjin pemasaran terendah dan farmer’s share tertinggi. Pada sisi pedagang, saluran 2 (petani-pedagang pengepul desa-pedagang besar-pedagang eceran) merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai rasio keuntungan dan biaya tertinggi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agriculture University (IPB)id
dc.subject.ddcEconomic Resourcesid
dc.subject.ddcSatoimo Taro Farmingid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Pendapatan dan Pemasaran Usahatani Talas Satoimo di Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAnalisis Pendapatanid
dc.subject.keywordB/C ratioid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid
dc.subject.keywordfarmer’s shareid
dc.subject.keywordmarjin pemasaranid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18nmu.pdf
  Restricted Access
30.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.