Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95658
Title: Strategi Pengembangan Desa Wisata Halal di Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru (KWBT), Ciampea, Bogor.
Authors: Firdaus, Muhammad
Erwindasari, Diva Oktavia
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Pariwisata adalah sektor yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Salah satu bentuk pariwisata yang telah menjadi tren global dan memiliki potensi ekonomi yang besar adalah wisata halal. Meskipun memiliki potensi yang besar, pengembangan pariwisata halal di Indonesia tidak lepas dari berbagai hambatan yaitu mengenai persepsi masyarakat, permasalahan sertifikat halal, kesiapan sumber daya manusia, serta penyediaan fasilitas wisata halal. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan wisata halal adalah konsep desa wisata. Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru (KWBT) di Ciampea, Bogor, Jawa Barat potensial dikembangkan menjadi desa wisata halal karena memiliki karakteristik ramah muslim. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dan preferensi wisatawan mengenai wisata halal dan pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung kembali. Hasil analisis persepsi dan preferensi digunakan untuk menyusun strategi pengembangan desa wisata halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi logistik dan analisis SWOT. Variabel yang signifikan memengaruhi keputusan berkunjung kembali wisatawan adalah daya tarik wisata, kemudahan memperoleh makanan dan minuman halal, pramuwisata syariah, fasilitas, dan promosi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95658
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18doe.pdf
  Restricted Access
1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.