Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95611
Title: Analisis Konsumen Minuman Hydro Coco Dengan Pendekatan Klaster Berdasarkan Gaya Hidup (Activities, Interest dan Opinion) di Jakarta.
Authors: Suprehatin
Nugroho, Aditya Bayu
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Pertumbuhan industri air minum dalam kemasan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hydro Coco merupakan minuman isotonik yang diproduksi oleh PT Kalbe Farma Tbk dengan bahan dasar 100 persen air kelapa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi profil konsumen berdasarkan demografi dan perilaku serta menganalisis klaster konsumen produk Hydro Coco berdasarkan gaya hidup (activities, interest dan opinion) di Jakarta. Penelitian dilakukan pada Juni sampai Agustus 2018 di pasar swalayan, taman kota dan pusat olahraga. Metode pengambilan data menggunakan non-probability sampling dengan model purposive sampling serta dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis klaster (α = 0.05). Hasil analisis segmentasi berdasarkan gaya hidup didapatkan empat klaster. Klaster satu 28 orang dengan karakteristik suka berbelanja dan memperhatikan penampilan. Klaster dua berjumlah 36 orang dengan karakteristik lebih memperhatikan kualitas produk dan memiliki pandangan terhadap masa depan. Klaster tiga 17 orang dengan karakteristik rutin melakukan olahraga dan senang pergi berlibur. Klaster empat berjumlah 21 orang dengan karakteristik aktif dalam kegiatan sosial serta peduli kepada masyarakat sekitar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95611
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18abn.pdf
  Restricted Access
1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.