Analisis Konsumen Minuman Hydro Coco Dengan Pendekatan Klaster Berdasarkan Gaya Hidup (Activities, Interest dan Opinion) di Jakarta.
Abstract
Pertumbuhan industri air minum dalam kemasan di Indonesia terus
mengalami peningkatan. Hydro Coco merupakan minuman isotonik yang
diproduksi oleh PT Kalbe Farma Tbk dengan bahan dasar 100 persen air kelapa.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi profil konsumen berdasarkan
demografi dan perilaku serta menganalisis klaster konsumen produk Hydro Coco
berdasarkan gaya hidup (activities, interest dan opinion) di Jakarta. Penelitian
dilakukan pada Juni sampai Agustus 2018 di pasar swalayan, taman kota dan pusat
olahraga. Metode pengambilan data menggunakan non-probability sampling
dengan model purposive sampling serta dianalisis dengan analisis deskriptif dan
analisis klaster (α = 0.05). Hasil analisis segmentasi berdasarkan gaya hidup
didapatkan empat klaster. Klaster satu 28 orang dengan karakteristik suka
berbelanja dan memperhatikan penampilan. Klaster dua berjumlah 36 orang dengan
karakteristik lebih memperhatikan kualitas produk dan memiliki pandangan
terhadap masa depan. Klaster tiga 17 orang dengan karakteristik rutin melakukan
olahraga dan senang pergi berlibur. Klaster empat berjumlah 21 orang dengan
karakteristik aktif dalam kegiatan sosial serta peduli kepada masyarakat sekitar.
Collections
- UT - Agribusiness [4553]