Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94955
Title: Pengaruh Bauran Pemasaran Benih Padi Bersertifikat terhadap Purchase Intention Petani di Kabupaten Lebak Banten
Authors: Nurmalina, Rita
Tinaprilla, Netti
Febrisari, Astriana
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Padi adalah bahan makanan yang menghasilkan beras. Konsumsi rata-rata beras di Indonesia (139/kg/kapita/tahun) adalah yang tertinggi dibandingkan dengan negara lainnya di Asia tentunya akan meningkatkan permintaan beras nasional. Dalam meningkatkan komoditas padi, upaya pemerintah melalui program Upaya Khusus (UPSUS) dengan berbagai strategi dan upaya dilakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas. Peningkatan produksi padi diharapkan diperoleh dari provinsi sentra produksi padi dan provinsi pendukung yang salah satunya adalah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Memiliki target peningkatan produksi padi maka kebutuhan terhadap benih padi juga akan tinggi. Terdapat dua jenis benih padi yaitu benih bersertifikat dan benih non sertifikat. Benih padi bersertifikat memiliki keunggulan lebih dibandingkan benih non sertifikat karena telah dilakukan pengujian di BPSB. Pasar benih padi yang semestinya dapat dimanfaatkan oleh penangkar benih padi, sehingga dibutuhkan kegiatan bauran pemasaran untuk mengembangkan untuk usaha ini. Bauran pemasaran yang tepat akan mempengaruhi keputusan petani dalam membeli benih padi bersertifikat. Bauran pemasaran memengaruhi consumer motive seperti produk, harga, promosi, dan tempat. Semakin memiliki consumer motive, maka petani akan memenuhi kebutuhan tersebut dengan memiliki minat membeli terhadap suatu produk benih padi bersertifikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran produk benih padi bersertifikat terhadap consumer motive dan menganalisis pengaruh consumer motive (petani) terhadap purchase intention petani di Kabupaten Lebak. Metode penarikan atau pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Responden yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 orang petani padi yang menggunakan benih padi bersertifikat di Desa Tambakbaya, Desa Cisangu, Desa Asem Margaluyu, Desa Bojongcae, dan Desa Malabar, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat) memiliki pengaruh yang postif dan signifikan terhadap consumer motive. Consumer motive memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Maka petani dengan persepsi positif terhadap bauran pemasaran benih padi bersertifikat lebih cenderung memiliki motif yang baik, sehingga petani memiliki keinginan dan bersedia untuk membeli dan merekomendasikan produk benih padi bersertifikat.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94955
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2018afe.pdf
  Restricted Access
23.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.