Pengaruh Bauran Pemasaran Benih Padi Bersertifikat terhadap Purchase Intention Petani di Kabupaten Lebak Banten
View/ Open
Date
2018Author
Febrisari, Astriana
Nurmalina, Rita
Tinaprilla, Netti
Metadata
Show full item recordAbstract
Padi adalah bahan makanan yang menghasilkan beras. Konsumsi rata-rata
beras di Indonesia (139/kg/kapita/tahun) adalah yang tertinggi dibandingkan
dengan negara lainnya di Asia tentunya akan meningkatkan permintaan beras
nasional. Dalam meningkatkan komoditas padi, upaya pemerintah melalui
program Upaya Khusus (UPSUS) dengan berbagai strategi dan upaya dilakukan
untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas. Peningkatan produksi padi
diharapkan diperoleh dari provinsi sentra produksi padi dan provinsi pendukung
yang salah satunya adalah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Memiliki target
peningkatan produksi padi maka kebutuhan terhadap benih padi juga akan tinggi.
Terdapat dua jenis benih padi yaitu benih bersertifikat dan benih non sertifikat.
Benih padi bersertifikat memiliki keunggulan lebih dibandingkan benih non
sertifikat karena telah dilakukan pengujian di BPSB. Pasar benih padi yang
semestinya dapat dimanfaatkan oleh penangkar benih padi, sehingga dibutuhkan
kegiatan bauran pemasaran untuk mengembangkan untuk usaha ini. Bauran
pemasaran yang tepat akan mempengaruhi keputusan petani dalam membeli benih
padi bersertifikat. Bauran pemasaran memengaruhi consumer motive seperti
produk, harga, promosi, dan tempat. Semakin memiliki consumer motive, maka
petani akan memenuhi kebutuhan tersebut dengan memiliki minat membeli
terhadap suatu produk benih padi bersertifikat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran
pemasaran produk benih padi bersertifikat terhadap consumer motive dan
menganalisis pengaruh consumer motive (petani) terhadap purchase intention
petani di Kabupaten Lebak. Metode penarikan atau pengambilan sampel yang
digunakan adalah metode non probability sampling dengan pendekatan purposive
sampling. Responden yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 orang
petani padi yang menggunakan benih padi bersertifikat di Desa Tambakbaya,
Desa Cisangu, Desa Asem Margaluyu, Desa Bojongcae, dan Desa Malabar,
Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Alat analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling
(SEM).
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bauran pemasaran
(produk, harga, promosi, dan tempat) memiliki pengaruh yang postif dan
signifikan terhadap consumer motive. Consumer motive memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap purchase intention. Maka petani dengan persepsi positif
terhadap bauran pemasaran benih padi bersertifikat lebih cenderung memiliki
motif yang baik, sehingga petani memiliki keinginan dan bersedia untuk membeli
dan merekomendasikan produk benih padi bersertifikat.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]