Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94893
Title: Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten XYZ
Authors: Djamaludin, Moh. Djemdjem
Nurhadryani, Yani
Rizq, Shafira
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Masyarakat menuntut peningkatan pelayanan publik. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan adalah dengan menerapkan smart city untuk membangun birokrasi yang efisien dan efektif sesuai kebutuhan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepuasan kualitas pelayanan pada pelayanan EKTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten XYZ. Desain penelitian ini adalah cross-sectional study di Disdukcapil Kabupaten XYZ, dengan 100 responden yang dipilih menggunakan convenience technique. Hasil kepuasan menggunakan analisis Servqual (service quality) yaitu melihat jarak antara harapan dan kinerja kualitas pelayanan, kinerja Disdukcapil belum dapat memenuhi harapan masyarakat untuk dimensi Reliability (keandalan), Responsiveness (responsif), Assurance (jaminan), Empathy (empati), . Hasil analisis customer satisfaction index menunjukan bahwa masyarakat sudah “cukup puas”. Hasil importance performance analysis (IPA) menunjukan perlu adanya perbaikan pada indikator kemudahan pengurusan persyaratan, kecepatan proses pelayanan dan fasilitas dan keadaan fisik gedung kantor pelayanan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94893
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I18sri.pdf
  Restricted Access
34.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.