Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94576
Title: Faktor – Faktor yang Memengaruhi Keputusan UMKM dalam Mengambil Pinjaman melalui Peer to Peer (P2P) Lending
Authors: Suryawati, Rindah Febriana
Murdwiyanto, Embun Fathia
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Peer to Peer (P2P) Lending atau layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang merupakan bagian dari financial technology (fintech) diharapkan dapat menjadi solusi bagi UMKM dalam masalah permodalan. UMKM menunjukan antusiasme terhadap layanan ini, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik peminjam, menganalisis proses pengambilan keputusan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan UMKM dalam mengambil pinjaman melalui Peer to Peer (P2P) Lending. Pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball. Data primer diperoleh dari kuesioner sedangkan data sekunder dari literatur, penelitian terdahulu, jurnal dan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan UMKM dalam mengambil pinjaman melalui Peer to Peer (P2P) Lending (1) faktor penilaian konsumen (2) faktor pelayanan (3) faktor produk pinjaman (4) faktor gaya hidup (5) faktor memori. Faktor penilaian konsumen merupakan faktor utama yang mempengaruhi keputusan untuk meminjam.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94576
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18efm.pdf
  Restricted Access
18.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.