Faktor – Faktor yang Memengaruhi Keputusan UMKM dalam Mengambil Pinjaman melalui Peer to Peer (P2P) Lending
View/ Open
Date
2018Author
Murdwiyanto, Embun Fathia
Suryawati, Rindah Febriana
Metadata
Show full item recordAbstract
Peer to Peer (P2P) Lending atau layanan pinjam meminjam uang berbasis
teknologi informasi yang merupakan bagian dari financial technology (fintech)
diharapkan dapat menjadi solusi bagi UMKM dalam masalah permodalan. UMKM
menunjukan antusiasme terhadap layanan ini, sehingga penelitian ini dilakukan
untuk mengidentifikasi karakteristik peminjam, menganalisis proses pengambilan
keputusan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan UMKM dalam
mengambil pinjaman melalui Peer to Peer (P2P) Lending. Pengambilan sampel
menggunakan teknik Snowball. Data primer diperoleh dari kuesioner sedangkan
data sekunder dari literatur, penelitian terdahulu, jurnal dan internet. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil
penelitian menunjukan terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan UMKM
dalam mengambil pinjaman melalui Peer to Peer (P2P) Lending (1) faktor
penilaian konsumen (2) faktor pelayanan (3) faktor produk pinjaman (4) faktor
gaya hidup (5) faktor memori. Faktor penilaian konsumen merupakan faktor utama
yang mempengaruhi keputusan untuk meminjam.
Collections
- UT - Management [3443]