Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93931
Title: Strategi Distribusi Produk Sayuran Organik pada FAM Organic Parongpong PT Famili Ekokultura
Authors: Najib, Mukhamad
Muhammad, Panji Mustika
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: FAM Organic Parongpong merupakan bagian dari PT Famili Ekokultura sebagai perusahaan yang bergerak dalam penyediaan sayuran organik dengan merek produk FAM Organic. Produk FAM Organic terdiri dari tiga puluh lima jenis sayuran organik. Perusahaan mendistribusikan produknya pada supermarket, cafe, restoran, dan konsumen individu. Sayuran organik hasil produksi FAM Organic Parongpong dipasarkan pada wilayah Kota Bandung dan Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem distribusi dan melakukan prioritas strategi distribusi bagi FAM Organic Parongpong. Penarikan sampel menggunakan teknik non probalility sampling secara sengaja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang diterapkan melalui analisis margin distribusi, Data Envelopment Analysis (DEA), dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Analisis margin distribusi menunjukkan wilayah Bandung memiliki nilai rata-rata margin distribusi lebih rendah dari Jakarta. Analisis DEA menunjukkan bahwa wilayah distribusi Jakarta termasuk kelompok effectively managed but sales, sedangkan wilayah Kota Bandung termasuk under performing. Hasil penelitian menggunakan metode AHP menunjukkan nilai alternatif strategi distribusi tertinggi adalah pembukaan lahan tanam sayuran organik baru.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93931
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18pmm.pdf
  Restricted Access
26.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.