Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93887
Title: Analisis User Experience Terhadap Kepuasan Konsumen pada Penggunaan Aplikasi PayTren di Jabodetabek
Authors: Siregar, Edward H
Rizkidewi, Shinta
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Sistem pembayaran non-tunai semakin dikembangkan di Indonesia. Peluang tersebut membuat banyak lembaga mengeluarkan aplikasi pembayaran daring. PayTren adalah aplikasi transaksi mobile untuk berbagai jenis pembayaran dan pembelian. Pada penggunaan aplikasi, server aplikasi dapat mengalami penurunan kinerja karena meningkatnya pengguna yang melonjak. Hal ini membuat pengguna berkurang kenyamanannya dan menimbulkan risiko penurunan penggunaan aplikasi. Peran pengguna penting dalam membangun aplikasi. Pengukuran keberhasilan atau kegagalan dalam menerapkan sistem aplikasi didasarkan pada kepuasan pengguna menggunakan sistem aplikasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh user experience terhadap kepuasan konsumen pada penggunaan aplikasi PayTren. Metode pemilihan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis SEM dengan metode PLS menunjukkan bahwa terdapat tiga dari enam dimensi user experience yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, yaitu kebaruan, stimulasi, dan efisiensi penggunaan secara berturut-turut.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93887
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18sri.pdf
  Restricted Access
15.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.