Analisis User Experience Terhadap Kepuasan Konsumen pada Penggunaan Aplikasi PayTren di Jabodetabek
Abstract
Sistem pembayaran non-tunai semakin dikembangkan di Indonesia. Peluang
tersebut membuat banyak lembaga mengeluarkan aplikasi pembayaran daring.
PayTren adalah aplikasi transaksi mobile untuk berbagai jenis pembayaran dan
pembelian. Pada penggunaan aplikasi, server aplikasi dapat mengalami penurunan
kinerja karena meningkatnya pengguna yang melonjak. Hal ini membuat
pengguna berkurang kenyamanannya dan menimbulkan risiko penurunan
penggunaan aplikasi. Peran pengguna penting dalam membangun aplikasi.
Pengukuran keberhasilan atau kegagalan dalam menerapkan sistem aplikasi
didasarkan pada kepuasan pengguna menggunakan sistem aplikasi. Penelitian ini
bertujuan menganalisis pengaruh user experience terhadap kepuasan konsumen
pada penggunaan aplikasi PayTren. Metode pemilihan sampel menggunakan
metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil
analisis SEM dengan metode PLS menunjukkan bahwa terdapat tiga dari enam
dimensi user experience yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen, yaitu kebaruan, stimulasi, dan efisiensi penggunaan
secara berturut-turut.
Collections
- UT - Management [3476]