Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93773
Title: Formulasi Strategi Pemasaran Minuman Herbal Instan Kelompok Wanita Tani Berdikari Wonosobo, Jawa Tengah
Authors: Sarma, Ma'mun
Siswanto, Leilla Faz'riah Hertiawati
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Mobilitas masyarakat yang semakin meningkat memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Kondisi kesehatan tubuh tidak lepas dari konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Kelompok Wanita Tani (KWT) Berdikari merupakan usaha kecil yang memproduksi minuman herbal instan. Strategi pemasaran yang tepat diperlukan oleh usaha kecil ini agar mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi formulasi strategi pemasaran KWT Berdikari, 2) memformulasikan alternatif strategi pemasaran yang baik untuk diterapkan, dan 3) menyusun dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk diimplementasikan oleh KWT Berdikari. Penelitian ini menggunakan metode pengolahan data yang terdiri dari analisis IE, SWOT, dan AHP. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari matriks IFE (2.498) dan matriks EFE (2.281), posisi KWT Berdikari berada di sel V pada matriks IE dengan tipe strategi “menjaga dan mempertahankan”. Alternatif strategi yang menjadi prioritas utama bagi pemasaran minuman herbal instan KWT Berdikari adalah meningkatkan aktivitas promosi yang efektif dan efisien (0.319).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93773
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18lfh.pdf
  Restricted Access
20.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.